Posted in Ramadhan, Tips

Tips Mudik


Mudik atau “Mulih ke Udik” (pada baru tahu kan kalo ini kepanjangannya..??) adalah sebuah ritual tahunan yang terjadi di Indonesia. Mudik ini meliputi eksodus besar-besaran dari kota besar (khususnya Jakarta) ke daerah lain di Indonesia. Biasanya sih sekitar pulau Jawa dan Sumatera. Peristiwa ini hanya terjadi pada bulan Ramadhan atau kira-kira 7 hari mendekati 1 Syawal. Interestingly enough, event ini hanya khusus milik Indonesia. Di negara lain yg juga mayoritasnya Islam, Idul Fitri tidak semeriah Idul Adha. Jadiii.. demi menyambut ritual yang buat Jakarta jadi lengang ini, allow us to give you a few tips based on our little experiences.

Mudik dengan kendaraan pribadi

  1. Jangan pernah mudik sendirian. Udah gak ada temen, navigasi sendirian, belom lagi kalo dihadang rampok2 di alas roban. Gak ada saksi hidup.
  2. Pastikan kondisi mesin kendaraan kamu dalam keadaan yang terbaik. Dari mulai rem, kaki2, karburator, ban, ac, tape (penting dong, masa gak ada kesenian di jalan..). Pokoknya jangan ada yang kelewat sedikitpun. You don’t want to stuck in the middle of nowhere, do you?
  3. Jika kamu menggunakan kendaraan beroda dua (of course motor dong, bukan sepeda..), kalo bisa stay in group dengan pengendara motor lainnya. Oh ya, jangan terlalu overload (kadang kan sampe berlima, udah kayak sirkus, buset..), kasian anaknyah.
  4. Jangan lupa bawa tools basic seperti peta (bukan yg buta, biasany dikasi gratisan dari koran, majalah, tabloid, atau site), P3K, obeng2, senter, kunci inggris, kunci pas, dongkrak, dan botol aqua kosong buat tempat pipis (male only, kalo cewek brakatak entar di mana2..)
  5. Pastikan semua alat komunikasi kamu dalam keadaan baterai penuh, jadi kalo kangen sama mami papi bisa telpon di mana aja. Et, jangan lupa harus ada pulsanya juga lho.. Pake fleksi enak lho bisa dipake di mana2 (buat gosok gigi juga bisa. Ahahaha..)
  6. Bawa juga makanan2 kecil kayak anakmas, permen jagoan neon, ciki2 cilik macem tic2, taro2an, dan juga minuman booster seperti Kratingdaeng, M 150, dan macem mana awak tak tahu semuanya.. Tapi ati2, minum gitu2an khusus pas di jalan aja, satu aja. Hindari makanan2 berkuah seperti bakso, mi rebus, ayam gulai. Bear in mind that those food can only be eaten on the tables.
  7. Kalo mudiknya konvoi jaga jarak aman, yang depan jangan terlalu terburu2 dan yang belakang keep up, man! Dasar mobil murahan.. Nah yang tengah jangan ciuman aja kerjanya. Kalo bisa tiap mobil dilengkapi dengan HT (Handy Talky) untuk solusi komunikasi yg murah dan cepat.
  8. Manfaatkan posko2 mudik untuk berbagai keperluan, seperti mesin dan logistik. Jangan lupa kasi Pak polisi sekecup dua kecup.
  9. Kalo kamu lelah, capek, ngantuk, horny, kebelet eek atau pipis, berenti dulu di bahu jalan. Yaa.. lakukan apa yg harus kamu lakukan untuk menghilangkan rasa2 itu.

Mudik dengan angkutan umum (darat)

  1. Bawa barang seperlunya supaya lebih ringkes dan nyaman ketika mau duduk di kendaraan yang penuh sesak itu.
  2. Jika tujuan mudik kamu bukan akhir dari terminal atau stasiun, sebaiknya tetep melek kira2 dua stasiun sebelum tujuan. BT beut kalo kelewat.
  3. Jangan lupa sarapan yg ringan2, jangan sarapan tumpeng. Nanti kamu bisa muntah dan dijauhi oleh penumpang yang lain. Oh ya, kalo begitu don’t forget to bring antimo obat anti mabok dong..
  4. Kalo naik kereta (terutama ekonomi), siapkan sebuah koran bekas, apa kek, koran BOLA, lampu merah, lipstik, pop. Karena most likely kamu gak akan dapet tempat duduk di situ, jadi siap2 ngemper.

Yah, kurang lebih begitulah pengalaman pribadi penulis. Yang satu pulangnya ke Makasar, suka bingung kalo mau lewat alat detektor, soalnya doi bawa Badik (semacam golok) ke mana2. Yang satu tiap tahun pergi ke Jawa Tengah menembus macetnya lalu lintas dan lautan manusia. Tidak lupa terpleset tumpahan mie ayam di stasiun Kober Purwokerto. Siapa tahu kamu2 ada pengalaman pribadi yang bisa dishare di sini.

Oh ya, ada pantun nih buat ente2 semua:
“Preman gondrong nongkrong di pengkolan, namanya si Amin anak tukang ikan asin.
Minta maaf dong di hari Lebaran, Minal Aidin Wal Faidzin!!”

Happy Lebaran dan Mudik semuanyaaa!!!! D

Sumber : http://www.titiw.com/2007/10/09/tips-mudik/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s